[Valid Atom 1.0] PIKIRANKU: PANDUAN MENGGUNAKAN FACEBOOK UNTUK PROMOSI BISNIS
IKUTI KAMI DI SOSIAL MEDIA

Friday, January 06, 2017

PANDUAN MENGGUNAKAN FACEBOOK UNTUK PROMOSI BISNIS

Pikiranku

Setiap manusia di kolong langit ini tentu berharap memiliki kehidupan yang lebih baik. Pun banyak cara dipilih dan dilakukan untuk menggapai mimpi terlepas apakah itu halal atau haram. Salah satu cara tersebut adalah dengan membangun sebuah usaha atau biasa di bilang bisnis apakah itu usaha skala kecil, menengah atau besar.

Pertanyaannya, bagi anda seorang pemilik usaha kecil, apakah  dalam menjalankan bisnis anda  sudah menggabungkan teknik pemasaran online dalam kampanye pemasaran ?, atau jika Anda sudah menggunakan tehnik pemasaran online, adakah anda menggunakan  secara efektif alat-alat bantu yang tersedia dalam jaringan media sosial milik anda seperti facebook? 

Posting saya kali adalah sebuah panduan yang akan membantu anda untuk memaksimalkan penggunaan facebook sebagai tempat promosi bisnis  anda.  Pelajari secara cermat  tips yang saya akan uraikan berikut ini 

#1. Perbedaan antara Facebook Profil, Pages dan Groups
 
Sering
saya temukan ada banyak kebingungan di kalangan para pengguna Facebook baru tentang perbedaan antara profil facebook, halaman, dan grup. Padahal perbedaan ketiganya sangatlah nyata dan mudah dibedakan secara kasat mata.

Hal yang paling penting untuk diingat adalah bahwa profil facebook yang anda buat sebenarnya dimaksudkan untuk memberikan informasi secara terang benderang ke pengguna facebook lain tentang pribadi anda, jadi bukan bisnis.

Tapi faktanya banyak pengguna facebook menggunakan akun pribadinya untuk promosi bisnis yang ia jalankan.

Apakah ini berbahaya ?

Ya berbahaya, karena akun milik anda bisa dihapus setiap saat manajemen facebook. Tidak masalah kalau pengikut atau teman anda baru seongok cabe yang dijual di pasar, tapi kalau jumlahnya sudah mencapai ribuan orang kemudian akunnya di hapus. Saya yakin anda bakal menangis terkaing-kaing.   

Manajemen facebook sebenarnya sudah menyediakan halaman bagi anda untuk promosi bisnis anda lewat fans page.
Simak ulasannya
Kemudian yang dimaksud dengan grup dalam facebook adalah sebuah tempat bertemunya orang-orang yang memiliki kepentingan dan tujuan yang sama. Ada dua jenis grup dalam facebook yaitu yang bersifat tertutup dan terbuka.

Tertutup, maksudnya saat anda melakukan permintaan untuk bergabung dengan grup tersebut, maka terlebih dahulu akan melewati proses moderasi oleh admin sedangkan grup terbuka, anda secara otomatis akan langsung bergabung  dengan grup tanpa moderasi.      

#2. Anda Perlu Facebook Fans Page
 
Alasan untuk membuat halaman Facebook untuk bisnis Anda
sangat berlimpah ruah, mulai dari memiliki kesempatan untuk membangun komunitas di sekitar bisnis Anda, untuk menemukan lebih banyak lagi audiens target Anda, sampai pada  meningkatkan kepercayaan publik  tentang merk dagang anda.  

#3.Cara Membuat Facebook Fans Page

Di awal ulasan sudah saya katakan bahwa  anda membutuhkan sebuah halaman untuk promosi bisnis anda, tidak profil di Facebook. Tetapi untuk membuat halaman anda butuh sebuah profil. 

Penting untuk diketahui bahwa setiap halaman di Facebook secara otomatis akan yang terhubung dengan rekening. Rekening ini adalah merupakan tempat pembayaran dimana akan berguna untuk memperluas jangkauan promosi bisnis anda.

Dengan kata lain bahwa fasilitas fans page facebook berbayar.

Kalau tidak mau saya  bayar  bagaimana ?

Itu tidak masalah, tapi anda tidak akan diijinkan untuk menggunakan fasilitas promosi bisnis yang manajemen facebook sediakan.
  
#4. Membuat Tab Selamat Datang Custom di fans page  Facebook 

Ada banyak hal yang dapat anda lakukan dengan halaman Facebook, selain dari  mengunggah logo bisnis anda sebagai profil grafis, anda juga dapat menciptakan sambutan tab selamat datang. Ini akan membawa kesan tersendiri bagi para pengunjung   ketika mereka mengunjungi halaman Anda

#5. Menggunakan  Apps Bisnis  

Setelah halaman
facebook anda tuntas  dibuat maka langkah berikutnya menggunakan aplikasi untuk menambah pengunjung bisnis anda. Misalnya   membuat polling, tambahkan e-commerce, membuat blog feed dan bahkan menggunakan Facebook untuk teleconference dan pertemuan.

#6. Tumbuhkan Komunitas Anda di Facebook

Banyak hal berubah di kancah media sosial setiap hari, tapi satu hal yang pasti dibutuhkan banyak pekerjaan dan konsistensi untuk menjalankan  halaman Facebook dan mengembangkannya menjadi sebuah komunitas. 

Itu semua dimulai dengan membuat penyesuaian halaman  biar bisnis anda sangat berkesan,relevan dan tempat favorit bagi para penggemar.

#7.Iklan Facebook

Iklan di Facebook adalah salah satu cara terbaik untuk mengembangkan sayap bisnis anda. Tanpa ada ikhtiar untuk beriklan maka jangan pernah bermimpi geliat bisnis anda akan berkembang pesat.   Facebook sudah menyediakan sejumlah alat untuk membantu Anda melakukan hal ini secara efektif.

Bahkan, Facebook sendiri
akan menuntun anda langkah demi langkah tentang cara promosi lewat iklan.  

Ikuti ulasannya

#8. Gunakan Facebook untuk Jaringan Profesional

Tantangan terbesar di sini untuk mengelola situs bisnis adalah  mengurus untuk memastikan semua interaksi Anda terlihat  profesional. Pastikan anda selalu hadir  untuk pelanggan anda, menjawab pertanyaan yang mereka lontarkan, memberikan pelayanan terbaik tanpa pernah bosan.

Baca juga
Trik Membuat Konsumen Tertarik Bisnis online Anda
 
Share artikel to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg

No comments:

Post a Comment

BERIKAN KOMENTAR SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...