-->

Sabtu, November 05, 2016

PANDUAN MEMBUAT PASIVE INCOME DENGAN PRODUK INFORMASI BISNIS


PANDUAN MEMBUAT PASIVE INCOME DENGAN PRODUK INFORMASI  BISNIS PRODUK
Kebanyakan orang begitu percaya bahwa informasi sebuah bisnis  adalah produk turunan internet, namun faktanya, informasi dari pengusaha itu telah ada sejak ratusan tahun. Perbedaan mencolok di dua masa itu adalah hanyalah pada bentuk informasi dan cara menyampaikannya.  

Kalau era sekarang model penyampaian produk informasi bisnis  menggunakan saluran elektrik terutama email. Berbeda dengan masa sebelumnya yang condong menyampaikan informasi itu  hanya melalui pos.

Lantas apa bentuk produk informasi yang disampaikan itu ?  

Baca juga
3 Pilihan Model Bisnis Online

Produk informasi  itu merupakan produk yang bisa dikreasikan atau dibuat dari rumah. Beberapa contoh diantaranya  seperti :
  1. Buku-buku
  2. Laporan manual/hasil penelitian
  3. Kursus-kursus
  4. Seminar
  5. Audio
  6. Video Tutorial 
  7. Bahan pelatihan   

Keuntungan Produk Informasi

Bisa dilihat  bahwa ternyata segala sesuatu yang hanya berbentuk informasi  dapat mendatangkan nilai ekonomi.  Ada beberapa keuntungan jika anda memiliki produk seperti itu :
 
#1. Anda mudah membuatnya 
Misalnya jika produk informasi berbentuk dokumen maka dokumen itu dapat diubah ke dalam bentuk PDF atau ebook untuk dijual melalui website bisnis anda Begitupun soal produk yang berbentuk audio atau video A da banyak sumber daya online yang bisa digunakan untuk mencetak, CD dan DVD, semisal  Createspace, Lulu dan banyak lagi.
 
Apalagi era sekarang dengan pesatnya perkembangan dunia gadget, pembuatan sebuah video semakin mudah saja dengan menggunakan perangkat smartphone yang anda miliki. 

#2. Akses pasar mudah
Pesatnya perkembangan jagat dunia marketing digital  maka telah memperluas jangkauan pasar produk informasi. Pasalnya  biaya operasional yang digunakan termasuk sangat bila dibandingkan model pemasaran konvensional. 

#3. Sumber pendapatan bersifat pasif. Keuntungan lainnya, yaitu anda hanya sekali membuat produk informasi tetapi dapat menjualnya berulang-ulang kali (passive income)

Kelemahan Jual Produk Informasi

Seperti dengan semua ide-ide bisnis rumah, ada beberapa kelemahan  menjual produk informasi yaitu:

#1.Mereka dapat menghabiskan waktu. Menata  ide a nda dan kemudian menciptakan produknya sudah jelas akan membutuhkan waktu.

#2.Produk Sejenis Mudah ditemukan. Artinya sisi inovasi untuk sebuah produk informasi sangatlah sulit  dibuat.  Kalau tidak berbentuk dokumen maka disisi seberangnya sudah pasti berbentuk audio/video.

Bagaimana Memulai Bisnis Produk

Informasi

Pengetahuan anda bisa datang dari sumber mana saja, apakah itu dari pendidikan, pengalaman kerja, atau hanya sekedar hobi.

Begitu juga ketika memulai bisnis produk informasi, anda akan menemukan pengetahuan baru tentang hal itu.  Langkah pertama yang perlu a nda buat adalah  membuat daftar hal-hal yang Anda tahu  dari informasi itu Itu dapat dilakukan setelah anda memiliki

#1. Apakah informasi bisnis itu layak dan membuat orang tertarik serta bersedia membayarnya.
 
Untuk dapat memastikan ide bisnis itu cukup layak, maka lakukan pencarian kata kunci di search engine terkait ide bisnis anda . Berapa b anyak orang yang suka mencari topik bisnis anda.
 
#2 Jenis produk informasi Anda yang akan dibuat. /div>
Ini juga sangat kental hubungannya dengan bagaimana anda akan mendistribusikan produk itu Misalnya, jika anda berniat menjualnya di amazon maka produk informasi itu ada baiknya berbentuk sebuah ebook.
 
Namun jika Anda berencana menjual nya sendiri melalui website bisnis a nda maka cukup mengarahkan konsumen ke dalam bentuk keanggota berbayar
 
#3 Daftar hal apa saja yang perlu diikutsertakan dalam informasi anda
Jika informasi bisnis yang anda jual berbentuk sebuah panduan, maka urutan informasi dari hulu ke hilir harus jelas dan tidak boleh melompat-lompat. Ini agar tidak membuat  orang yang membacanya menjadi bingung minta ampun.

># 4 Membuat produk berdasarkan outline Anda.
Maksudnya begini, Jika a nda sedang menulis sebuah ebook maka semua hal yang anda jelaskan saling berkaitan dan berurut. 
 
Adapun jika anda membuat video, maka frame-frame vid eo tersebut harus saling terkait dari teks atau audio yang di tampilkan.
 
Contoh sederhana, video tutorial membuat kain, tetapi teks maupun audio suara yang anda munculkan di video tidak ada hubungannya sama sekali dari frame video yang muncul.
 
# 5 Mengedit produk dan materi yang anda gunakan.
Konsumen anda pasti ingin produk terbaik. Kalau produk itu sebuah e-book maka teliti kembali kata-kata yang digunakan, kesalahan hurufnya, tanda baca, susunan kalimatnya.

Pun tidak berbeda jauh dengan produk video, tampilannya harus terang dan jelas serta suara audionya tidak ribut 
 
# 6. Membuat sebuah website.
Bagian ini adalah bicara tentang pemasaran online, maka di dalam website tersebut harus dibuat laman mandiri yang menyoroti dan menjelaskan semua manfaat produk informasi anda.


Baca juga
Tips Membu at Website Bisnis Anda Bekerja 

# 7 Cantumkan nomor kontak anda.
Ini memungkinkan anda tetap berhubungan dengan orang-orang yang me mbeli produk maupun tidak. Ke depannya jika ada produk baru yang anda tawarkan maka sudah ada calon-calon konsumen sebelumnya yang bisa di ajak kerjasama.


# 8 Upload produk Anda.
Jika Anda menjual langsung melalui situs Anda, maka upload produk a nda ke hosting web Anda. # 9. Mengatur proses pembayaran atau link produk. Jika Anda menjual produk informasi itu melalui pihak ketiga, seperti Amazon, semua yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan link ke halaman produk Anda yang mengarah ke di website milik Anda.

Jika Anda menjual dari website bisnisnya, maka perlu diatur proses pembayaran. Jika pilihan target konsumen tidak hanya Indonesia maka sediakan juga proses pembayaran melalui PayPal . disamping itu pula dicantumkan nomor rekening  bank-bank umum yang ada di Indonesia.

Pilihan lain adalah dengan menggunakan metode internet bangking atau klick bank, yang saat ini sudah cukup populer digunakan

# 10 Promosikan produk anda. Sekarang tugas terakhir anda adalah membiarkan pasar tahu tentang produk informasi itu. Ada banyak cara untuk memasarkan produk informasi, beberapa diantaranya sepert i menjadi penulis tamu, blog walking, share social media

Baca juga

Rahasia Strategi Pemasaran Online Paling ampuh
 
Kesimpulan  Jadi dari semua hal yang sudah dijelaskan tadi maka dapat dibuat satu kesimpulan bahwa produk informasi menawarkan fleksibilitas yang luar biasa dalam hal kapan dan di mana Anda bekerja

Pun potensi penghasilan yang bisa diraup cukup besar dan menjanjikan jika anda mampu membuat produk informasi bisnis yang hebat. Hebatnya juga, penghasilan yang berhasil anda gondol itu berjenis passive income , artinya uang yang bekerja untuk diri anda

Bagikan artikel ini