Banyak cara dilakukan orang yang menekuni bisnis online untuk meningkatkan omzet pemasaran produk mereka. Salah satu cara tersebut yang kerap menjadi primadona pelaku bisnis online adalah apa yang disebut afiliasi pemasaran.
Apa itu Afiliasi pemasaran
Secara sederhana, afiliasi
pemasaran adalah suatu bentuk kerjasama antara pihak pemilik toko online dengan
agen pemasaran dengan imbalan komisi tertentu.
Baca juga
Jadi selaku pemilik toko
online, tidak lagi direpotkan dengan urusan promosi produknya, agen pemasarlah
yang berusaha mendatangkan konsumen ke website pemilik toko online.
Contoh
sederhana dari bentuk afiliasi pemasaran sebagaimana dipraktekan oleh
amazon.com, tokopedia, oxl, bukalapak.
Cara Membangun Afiliasi Pemasaran
Membangun sebuah bisnis
berbasis afiliasi pemasaran sebenarnya cukup mudah. Anda cukup punya sebuah
website dulu.
Apakah menggunakan domain berbayar atau gratisan itu tidak
masalah. Namun sangat disarankan menggunakan domain yang berbayar, biar anda
memiliki kontrol penuh terhadap website anda.
Ada beberapa langkah
untuk membangun sebuah platform afiliasi pemasaran :
1. Anda tentukan terlebih
dahulu nama afiliasi pemasaran bisnisnya.
Apakah menggunakan merk
pribadi dengan nama nada sendiri atau menggunakan nama sebuah perusahaan.
Misalnya, jika anda berniat dengan produk kesehatan, maka itulah yang menjadi
niche afiliasi pemasaran anda.
Niche itu hanyalah sebuah langkah awal yang biasa disebut para ahli pemasaran digital dengan sebutan platform.
Ada beberapa alasan
mengapa anda harus membangun platform ini yaitu
Pertama , platform membuka peluang bagi anda untuk mengontrol merk dagang bisnis
Anda, apakah itu nama produknya atau mungkin nama pribadi Anda sendiri.
Masalahnya muncul ketika
afiliasi pemasaran yang anda luncurkan ke ruang publik semisal facebook,
twitter guna mendulang traffic.
Disini sangat beresiko
sekali afiliasi pemasaran milik anda akan diganti atau diubah oleh pihak-pihak
yang nakal dengan memasang nama mereka.
Kedua platform afiliasi pemasaran Anda berguna untuk meningkatkan rasa percaya
calon konsumen anda. Orang-orang yang secara sengaja atau tidak mengunjungi
website bisnis anda memiliki peluang kesempatan untuk
melihat-lihat.
2. Gunakan akun sebuah
domain dan hosting.
Ini sudah pasti harus
dilakukan, karena menjadi cikal bakal munculnya sebuah website yang di dalamnya
akan ditempatkan sejumlah produk, lengkap dengan ulasannya.
3. Bangun Daftar Email
Anda.
Ada pepatah mengatakan
Uang itu dalam daftar email. Hubungan kerjasama dengan banyak
orang adalah modal utama dari sebuah afiliasi pemasaran. Tanpa itu, dalam
jangka panjang bisnis online akan akan meredup dan mati kutu.
Daftar email pelanggan adalah salah satu bukti nyata bahwa anda mendapat kepercayaan dari orang lain untuk bekerja sama.
Sebenarnya anda bisa saja
mencoba meningkatkan penjualan produk anda dengan mempromosikan secara sendiri.
Tapi itu butuh kerja keras yang berlipat-lipat ganda.
Afiliasi pemasaran
lewat email bisa mengatasi masalah promosi produk itu. Dengan sistem pembagian
komisi yang adil, maka pemasaran produk anda akan dibantu oleh orang
lain, tapi itu tidak gratis.
Jadi kata kuncinya, semakin banyak peluang anda terhubung dengan banyak
orang maka anda memiliki ruang yang lapang dan longgar untuk mengajak
mereka mengikuti link afiliasi pemasaran milik anda.
4. Bangun Kerjasama dengan Nota Kesepakatan
Membangun kerjasama tidak
bisa hanya berdasar air liur dan propaganda kalimat rayuan dengan iming-iming
komisi yang besar.
Selaku pebisnis
profesional, maka anda wajib menawarkan kerjasama afiliasi pemasaran itu dalam
sebuah dokumen kesepakatan.
Isinya akan mencantumkan hak dan kewajiban
masing-masing, larangan, tenggang waktu kerjasama serta pembagian komisi di
kedua belah pihak.
Tawaran ini sangat baik
untuk membangun reputasi dan citra anda bahwa anda punya komitmen dan serius
untuk hubungan bisnis yang saling menguntungkan dengan siapa saja.
Skema Afiliasi Pemasaran
Menukil dari pendapat para ahli digital
marketing maka sistem afiliasi pemasaran dipilah menjadi 5
macam :
#1. Pay Per Sales (PPS),
Metode PPS ini merupakan sistem pemasaran
afiliasi yang menggunakan pembagian komisi jika sudah terjadi penjualan
produk.
#2. Pay Per Click (PPC),
Metode PPC merupakan sistem afiliasi pemasaran
yang menggunakan pembagian komisi pada setiap terjadi klik pada iklan yang
dipasang agen pemasar di websitenya.
Salah satu metode PPC itu yang sangat terkenal
dan banyak diburu blogger adalah Google Adsense.
#3.Pay Per Leads (PPL),
Metode PPL merupakan sistem afiliasi
pemasaran yang menggunakan pembagian komisi untuk setiap lead atau link
yang diberikan agen pemasar anda.
#4.Pay Per Review (PPR), Metode PPR ini
merupakan sistem afiliasi pemasaran yang menggunakan pembagian komisi
berdasar hasil review atau ulasan yang ditulis seseorang. Review atau
ulasan itu berupa sebuah produk atau jasa.
#5.Recurring.
Metode kelima ini adalah sebuah metode afiliasi
pemasaran yang menggunakan pembagian komisi jika agen pemasar sukses
memikat calon konsumen untuk menggunakan produk atau jasa
yang ditawarkan
Cara Pembayaran Komisi
Pembayaran komisi yang bagi seorang agen
pemasar umumnya tidak dilakukan begitu setelah terjadi transaksi. Namun
biasanya dikumpul dulu sampai jumlah tertentu kemudian dibayarkan.
Alasannya, karena hal ini terkait dari biaya
administrasi yang ditimpakan oleh bank tertentu pada proses transfer komisi
sendiri.
Kesimpulan
Metode afiliasi pemasaran adalah metode lawas yang berkembang jauh
sebelum dunia bisnis online itu ada. Amazonlah inisiator pertama yang
membumikan metode ini di tahun 1994.
Belakangan metode ini pun sudah marak diadopsi
pelaku bisnis online dan itu merupakan metode super cerdas yang tidak ada
alasan untuk tidak kita gunakan.
Asalkan anda serius mengikuti langkah-langkah
yang sudah dituturkan tadi di awal, maka percayalah anda pasti akan sukses.
Baca juga