-->

Sabtu, September 28, 2013

LAKUKAN HAL INI, KALAU AIR KOLAM IKAN TIDAK JALAN

Pikiranku
Apa yang saya bagikan melalui posting ini merupakan sebuah pengalaman pribadi ketika membuat kolam ikan untuk pemeliharaan ikan mas koi. Awalnya dalam benak kewarasan saya, terbersit sebuah ide untuk membuat kolam  ikan,dan untuk menjaga kelangsungan hidup ikan tersebut di haruskan memakai pompa sebagai sumber oksigen. 

Tak berselang lama ide tersebut berhasil di wujudkan lengkap dengan pompa air. Senang tak terkira setiap pagi ataupun malam menjelang melihat aktivitas ikan di permukaan air saat memberi pakan. 

Namun selang 2 minggu ternyata kondisi air kolam berubah menjadi hijau kehitam-hitaman. Solusi mengatasi ini tidak lain harus membersihkan kembali kolam ikan tersebut. 

Peristiwa berlangsung cukup lama dan cukup menguras energi. Belum lagi persoalan membengkaknya tagihan listrik akibat pemakaian pompa yang 1 x 24 jam harus dalam keadaan hidup. 

Di lain kesempatan saya berkunjung ke rumah teman dan saya melihat kolamnya cukup jernih airnya walau di sana-sini  terlihat warna kehijauan. 

Yang mengherankan adalah kolam tersebut tidak menggunakan pompa, kok bisa. 

Segera berkelebat sejumlah pertanyaan di batok kepala saya. Terus darimana ikan akan mendapat sumber oksigen untuk bertahan hidup. 

Jawabannya akhirnya di peroleh juga, mata  saya terarah pada sesuatu yang berada di dasar kolam   dalam jumlah yang banyak. Ternyata benda tersebut sebuah batu andesit yang banyak kita peroleh di aliran sungai manapun. 

Manfaat batu untuk pernapasan ikan


Batu merupakan benda mati namun sebetulnya berperilaku seperti benda hidup. Jika kita memperhatikan secara jeli pada kondisi air yang tenang akan sangat terlihat gelembung-gelembung udara yang di hasilkan dari  sebuah batu. 

Jadi sebetulnya jika anda ingin membuat sebuah kolam dengan biaya yang rendah, gunakanlah batu sebagai pengganti fungsi pompa.  

Baca juga
Ikan Mas Koi Mati Mendadak
Bagikan artikel ini