-->

Rabu, Mei 02, 2012

EINSTEIN VS EDINGTON

albert einstein
Judul posting sebetulnya adalah judul sebuah film yang di tayangkan pada salah satu TV swasta. Bagi saya sangat menarik jika mengikuti sejarah lahirnya teori relativitas Einstein. 
 
Singkat ceritanya bahwa Einstein merupakan salah seorang ilmuan pada salah universitas di Jerman di mana mempublikasikan hasil penelitiannya yang sangat berbeda dengan apa yang dikatakan ilmuan pendahulunya Sir Isacc Newton menyangkut ruang angkasa. 


Tentu saja apa yang Einstein katakan banyak ditentang oleh kalangan ilmuan seluruh dunia termasuk ilmuan yang berada di Universitas Cambrigde Inggris. 

Namun tidak bagi ilmuan Edington yang justru berusaha membuktikan apa yang Einstein katakan melalui lensa teleskopnya dengan pergi ke pulau Principe  Afrika Selatan guna melakukan peneropongan saat terjadi gerhana matahari total. 
 
Baca juga
kumpulan inovasi daerah fisikawan thomas alva edison

Hasilnya sungguh luar biasa di mana menunjukkan bahwa teori Einstein adalah benar adanya dengan begitu telah mengugurkan hipotesa dari ilmuan Sir Isacc Newton. 

Penemuan ini telah mengemparkan dunia keilmuan sekaligus telah membuat nama Einstein begitu terkenal sampai sekarang ini.

Pelajaran penting dari sejarah ini adalah  bisa saja seorang Edington  tidak perlu repot-repot membuktikan hipotesa Einstein karena pada saat itu Jerman dan Inggris masih dalam situasi perang. 

Namun kenapa hal itu tidak di jadikan pertimbangan oleh Edington dan tetap bersikeras berusaha membuktikan teori Eisntein. 

Jawabnya sederhana adalah Nilai sebuah keilmuan tidak akan pernah bisa di halangi ruang dan waktu walaupun dalam situasi perang sekalipun. 

Berkarya untuk kebaikan seluruh umat manusia jauh lebih penting di bandingkan memikirkan hal-hal untuk kepentingan pribadi semata.

Artikel Lain
Imajinasi Liar Paling Mustahil 
Bagikan artikel ini