-->

Sabtu, Desember 31, 2011

SEO VERSUS PAGE RANK

SEO VERSUS PAGE RANK
Kalau di amati, kebanyakan para netter beranggapan bahwa blog yang SEO akan menentukan page rank blog di mata search engine. Alasan cukup sederhana, semakin SEO suatu blog  maka semakin mudah terindeks google dan itu berarti berpeluang meningkatkan arus kunjungan pada blog. 
 
Kurang tepat kiranya kalau hanya berasumsi seperti  itu, salah satu buktinya berdasar hasil survey saya bahwa banyak blog yang memiliki score SEO yang rendah tapi memiliki PR yang tinggi.

Apa itu SEO

Secara bahasa sederhana, SEO bisa diartikan terpenuhinya syarat optimal suatu situs agar terindeks oleh  search engine.  Apa saja syarat SEO itu ? > Kalau dirunut ke belakang, syaratnya sangat banyak. Beberapa di antaranya :
  1. Topik sebuah situs harus dapat mewakili keseluruhan informasi dari suatu situs
  2. Template situs harus mengandung h1, h2, h3
  3. Meta description harus berisi kata kunci yang bersifat umum dan mewakili seluruh informasi disuatu situs.
  4. Artikel yang ditulis harus mengandung tingkat kerapatan kata kunci sebesar 3 persen dari total jumlah karakter.
  5. Image yang dipakai dalam sebuah artikel, bagian title teks dan alt teks harus ada nilainya.
  6. Ada inbound dan external link di tiap artikel
  7. Menggunakan bahasa indonesia dengan benar  

Apa itu Page Rank

Sedangkan page rank sebenarnya merujuk pada peringkat suatu situs yang diberikan oleh search engine. Semakin tinggi peringkat suatu situs maka berpotensi akan ditempatkan dalam halaman 1 mesin pencari itu.
 
Baca juga
 
Cuma masalahnya, apa kriteria suatu suatu situs diberikan page rank tinggi, tidak banyak saya dapatkan informasi tentang hal ini.
 
kalau ditanya apakah SEO itu berhubungan erat dengan page rank ?
Jawabannya bisa ya bisa juga tidak.

Pasalnya, jika syarat SEO terpenuhi dengan benar, maka ketika ada seseorang yang mengetik sebuah kata kunci yang kebetulan sesuai dengan kata kunci artikel yang kita posting maka sangat berpotensi sekali akan meningkatkan traffic blog kita.

Pada titik ini, peluang mendapat page rank yang tinggi akan terbuka lebar. Tapi Saat bersamaan, page rank tidak ditentukan satu-satunya dengan faktor SEO semata, jumlah backlink berkualitas dalam suatu blog akan turut serta berpengaruh pada page rank.  

Kesimpulan 

Bahwa   SEO atau tidaknya suatu blog bukan merupakan harga mati yang dapat menjamin suatu blog memiliki Page rank yang tinggi.  Banyak faktor lain yang turut berpengaruh seperti jumlah backlink yang dimiliki, content yang ada dsb.   
 
Baca juga  
 
Bagikan artikel ini